Rutinitas Stasiun di Kala Pandemi

Rayi Ruby26 Nov 2020
KRL (Kereta Rel Listrik) Commuter Line adalah sebuah moda transportasi publik yang beroperasi di wilayah jabodetabek.
Kereta Commuter Line adalah salah satu angkutan massal dengan kapasitas yang sangat besar dan frekuensi perjalanan yang sangat tinggi. KRL sangat diminati masyarakat karena harganya yang sangat terjangkau, mulai dari Rp2000,- untuk jarak dekat dan maksimal Rp.4000,- untuk jarak terjauh. Selain itu, moda transportasi publik ini juga memiliki jalur khusus yang membuatnya tidak terganggu oleh kemacetan jalan raya.
Stasiun-stasiun Kereta Commuter Line biasa dipadati penumpang saat jam berangkat dan pulang kantor, terutama pada hari Senin sampai Jumat. Selain penumpang, di dalam stasiun kereta juga terdapat aktivitas petugas KRL dengan pekerjaan dan area kerjanya masing-masing. Karena jumlah penumpang jauh lebih banyak dibanding jumlah petugas dalam satu stasiun, keberadaan beberapa kerap tak disadari. Namun, ada yang berbeda semenjak virus corona merebak dan terjadi pandemi. Jumlah penumpang menurun drastis. Para petugas kereta berseragam mulai nampak jelas hadir di tengah-tengah penumpang dan di area stasiun.
Sebagai bagian dari protokol kesehatan, kini seragam para petugas pun dilengkapi dengan masker, face shield, dan sarung tangan. Meski stasiun semakin lengang dan penumpang berkurang, para petugas kereta tetap sedia menjalankan tugas mereka dan bahkan semakin giat mengingatkan penumpang untuk menaati peraturan KRL. Kesigapan mereka dalam bekerja serta seragam rapi nan lengkap masing-masing petugas menghadirkan kekaguman bagi setiap diri yang melihatnya.
LIHAT POTRET LAINNYA