Bekerja Ketika Pandemi

Nurlina26 Nov 2020
Sejak pertengahan tahun 2020 pemerintah pusat memberlakukan kebijakan realokasi anggaran kegiatan dan new normal pada instansi pemerintahan di tengah situasi pandemi.
Dampaknya sebagian kantor memberlakukan sistim piket sembari Work From Home, sedangkan sebagian kantor lainnya (terutama di tingkat daerah) memberlakukan sistim “tatanan sosial baru”. Berbekal masker dan pengingat diri untuk jaga jarak, pasca lebaran tahun ini, saya, ibu saya, dan banyak rekan-rekan saya di pemerintahan telah rutin bekerja seperti biasa.
Salah satu klaster penyebaran Virus COVID-19 adalah klaster angkutan umum dan perkantoran. Untuk meminimalisir penyebaran, penggunaan masker, jaga jarak minimal 1,5 meter dan menjauhi pusat kerumuman wajib dilakukan. Pengukuran suhu sebelum masuk Gedung kantor serta rapat online antara instansi secara rutin menjadi hal lumrah.
Perdebatan mengenai prioritas antara sektor kesehatan dan sektor perekonomian bukan ranah kami. Suka tidak suka, adaptasi “tatanan sosial baru” harus kami jalani dengan kewaspadaan penuh. Sebab roda kehidupan terus berputar.
LIHAT POTRET LAINNYA