Adaptasi Angkringan di Kota Yogyakarta dalam Menghadapi Pandemi COVID-19

Wabah COVID-19 ditetapkan sebagai pandemi global yang berdampak bagi kestabilan berbagai sektor. Upaya dalam menekan laju penyebaran COVID-19 yang dapat dilakukan seluruh lapisan masyarakat adalah penerapan protokol kesehatan seperti menjaga jarak dan menggunakan masker
Adanya perubahan kondisi dan kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari membuat seluruh masyarakat harus cepat beradaptasi untuk meminimalisasi dampak dari COVID-19. Salah satu proses adaptasi yang menarik untuk dilihat adalah kegiatan yang terjadi di angkringan. Angkringan merupakan usaha kuliner kaki lima (unit usaha kecil) yang banyak dijumpai di Yogyakarta. Angkringan identik dengan harga makanan yang murah, waktu berdagang yang dimulai saat malam hari, tempat berjualan yang unik dengan gerobak, serta interaksi antara pembeli dan penjual membuat suasana angkringan menjadi terkesan 'hangat'.
Di masa pandemi ini, angkringan di sepanjang Jalan Mangkubumi masih belum bisa beradaptasi secara optimal dengan penerapan protokol kesehatan untuk menekan laju penyebaran COVID-19. Sebagian besar pihak kurang mengindahkan penerapan protokol kesehatan, seperti beberapa pengunjung dan pedagang angkringan duduk tanpa menjaga jarak atau tidak menggunakan masker. Interaksi yang terjadi di angkringan cenderung sama seperti saat sebelum masa pandemi. Walaupun demikian, masih terdapat beberapa pihak yang sudah mematuhi protokol kesehatan. Bahkan salah satu pedagang angkringan berinisiatif untuk menaruh fasilitas cuci tangan di sekitar tempat berjualan mereka.
Saat ini, jumlah pengunjung dan pedagang angkringan yang ada di sepanjang Jalan Mangkubumi cenderung masih sedikit dan sepi. Namun, jika aturan PSBB terus dilonggarkan akan memungkinkan terjadi peningkatan jumlah pengunjung yang akan berdampak pula pada makin banyaknya kerumunan orang. Hal tersebut berpotensi membuat grafik pasien COVID-19 semakin meningkat sehingga pemulihan pandemi COVID-19 di Indonesia juga akan semakin lama.
LIHAT POTRET LAINNYA