Home > Blog > Mobilitas Milenial Bekasi di Masa Pandemi

Mobilitas Milenial Bekasi di Masa Pandemi

Sumber Foto: Rizki Dwika

Dibekasi saat ini usia milenials sudah mendominasi. Berdasarkan definisi BPS, milenial adalah mereka yang lahir dari 1980 sampai dengan 2000. generasi milenial ini yang memiliki pergerakan paling banyak dan paling cepat. Riset terkait mobilitas milenials yang kami lakukan dengan kolaborasi dengan kawan Bangunkota dan melibatkan 170 milenials Yang dihimpun dari yang tersebar dari bebrgaia kelurahan di kota Bekasi dan terdiri dari 85 perempuan dan 85 laki-laki.

Responden memiliki tiga kriteria; pertama, harus berdomisili di kota Bekasi; kedua kelahiran 1080 sampai 2000; ketiga mereka yang bekerja di wilayah DKI Jakarta. Mobilitas dalam riset ini terbagi dua yaitu mobilitas kerja dan mobilitas hiburan. Kedua jenis mobilitas ini sepanjang pandemi sebetulnya isu yang melekat dari milenials adalah aktifitas kerja dan aktifitas hiburan oleh kalangan milenials di kota Bekasi. Selain itu juga kenyataan ini yang menjadi penting untuk dianalisa untuk melihat seperti apa roda miblitas masa pandemi di kota Bekasi bagi kalangan milenials.

Di media sosial sempat ramai ditemukan pelanggaran protokol kesehatan di tempat nongkrong anak muda di Bekasi, kemudian fakta yang ditemukan adalah ada perubahan signifikan pengguna transportasi publik bagi para penglaju dari Bekasi ke kota Jakarta., dan mereka beralih kekendaraan probadi bagik roda dua maupun roda empat. Selain itu waktu tempuh dalam bermobilitas masa pandemi mengalami perubahan dari yang tadinya hanya 60 menit, saat ini masa pandemi hanya 40 menit.

Selain itu fkata lainnya adaah bahwa sebaigan besar responden milenials kota Bekasi masih khawatir atau takut dalam menggunakan transportasi umum. Dari 0 sampai 8 angka rata-ratanya hanya 1,82. selain itu di sisi lain sebagian besar responden milenials tersebut masih berani bekerja di kantor, akan tetapi khawatir menggunakan transportasi umum.

Sedangkan kegiatan hiduran, terjadi perubahan perilaku bagi mobilitas milenials kota Bekasi dari masa sebelum pandemi dan ketika pandemi. Pada saat sebelum pandemi, milenials kota Bekasi sebagian besar menghabiskan waktu bersenang-senangnya di kota Jakarta.  Kemudian pada saat pandemi sebaigan besar responden milenials kota Bekasi menghabiskan waktu senang-senangnya di kota Bekasi dalam memenuhi kebutuhan senang-senangnya seperti ke mall, olah raga dan lainnya.

Kegiatan bersenang-senang yang dilakukan kaum milenials kota Bekasi sebelum pandemi banyak dihabiskan diluar rumah. Namun, pada saat masa pandemi kegiatan bersenang-senang banyak dihabiskan dirumah masing-masing. Selain itu secara jarak, bepergian milenials kota Bekasi menghabiskan jarak 10 kilometer, namun pada masa pandemi kegiatan mereka terbatas hanya 5 kilometer. Jadi kategori ini masih dalam lingkungan tempat tinggal saja.

Selain itu juga responden milenials sebagian besar merasa masih takut untuk pergi ketempat belanja, restoran dan ruang publik. Tentunya riset ini menjadi unit analisa tersendiri bagaimana sebenarnya mobilitas sebagian besar milenials warga kota Bekasi masa pandemi dan melihat narasi yang terbentuk kaum milenials kota Bekasi dalam bermobilitas.